Sebuah Booth yang baik dan menarik adalah Booth yang memaksimalkan beberapa elemen pendukung di dalamnya. Banyak sekali elemen yang dapat Anda terapkan pada desain Booth Anda seperti elemen bentuk, warna, grafis, dan lain-lain. Anda bisa mengoptimalkan itu semua dan jadilah Booth Anda akan menarik perhatian pengunjung. Tetapi, tahukah Anda bahwa ada satu elemen fisik yang terlihat biasa saja atau bahkan beberapa orang menganggapnya tidak penting tapi memiliki pengaruh yang besar. Elemen tersebut adalah elemen pencahayaan/lighting. Memang sepertinya sepele, tapi pengaruhnya sangat besar terhadap Booth Anda. Pencahayaan yang buruk atau salah penempatan akan berakibat fatal dan membuat Booth Anda tidak menarik.

Pencahayaan itu sendiri fungsi utamanya adalah sebagai sumber cahaya. Selain itu, pencahayaan juga berfungsi sebagai elemen interaktif atau aksesoris penunjang. Pencahayaan itu sendiri sebenarnya hanya ada dua macam yaitu pencahayaan secara umum yang menerangi seluruh ruang/area Booth dan pencahayaan khusus yang fungsinya sesuai dengan namanya, yaitu menerangi secara khusus pada area tertentu. Namun, jika Anda melihat perkembangan desain Booth jaman sekarang sudah banyak sekali jenis sistem pencahayaan dan jenis lampu yang dapat Anda terapkan pada Booth Anda.

Biasanya, pencahayaan yang saat ini populer dan sering dipakai pada desain Booth adalah cahaya spot untuk menerangi beberapa area khusus sehingga lebih fokus dan dapat menarik perhatian pengunjung. Misalnya sebuah elemen grafis jika di kombinasikan dengan lighting yang baik maka akan tercipta tampilan yang berkualitas. Danlebih bisa menarik perhatian pengunjung.

Berikut Saya akan jelaskan lebih lanjut beberapa sistem pencahayaan yang dapat Anda terapkan pada Booth exhibition.

1. General Lighting
Pencahayaan general merupakan sistem pencahayaan secara menyeluruh dimana pencahayaan difungsikan sebagai sumber cahaya utama pada seluruh ruang atau area Booth. Tujuannya untuk menciptakan cahaya yang dapat menerangi seluruh Booth secara merata. Posisi general lighting biasanya berada di tengah-tengah atau jika Booth Anda cukup luas general lighting bisa lebih dari satu diletakkan di beberapa titik dan disebar secara merata. Umumnya menggunakan jenis lampu TL atau bisa juga menggunakan jenis lampu downlight.

2. Task Lighting
Task lighting berfungsi sebagai penjelas suatu area atau titik tertentu yang memiliki beda fungsi dari area atau titik yang lain. Misalnya, dalam sebuah Booth pasti ada area meja corner, pada area tersebut perlu diberi tambahan pencahayaan dengan sistem task lighting untuk memperjelas perbedaan fungsinya dibanding area lainnya.
Dengan adanya task lighting, dapat terlihat dengan jelas pembagian beberapa area atau lingkup area pada sebuah Booth. Sehingga pencahayaan pada Booth Anda tidak terlalu flat atau biasa saja.

3. Accent Lighting
Terdapat satu lagi sistem pencahayaan yang sering digunakan pada sebuah Booth, yaitu sistem aksen atau spot yang berfungsi untuk menyorot titik tertentu sehingga apa yang disorot bisa lebih fokus atau lebih terlihat. Biasanya yang menjadi sorotan bisa berupa benda seni atau produk yang ditawarkan atau elemen grafis sebagai media promosi. Selain itu, pencahayaan aksen juga dapat digunakan sebagai aksesoris atau pemanis ruang/area Booth. Anda bisa menggunakan wall light yang mengeluarkan cahaya pendar berwarna kuning sehingga Booth Anda terlihat lebih hidup.

Seperti itulah penjelasan ketiga jenis sistem pencahayaan yang dapat Anda terapkan pada desain Booth Anda. Sebenarnya, masih banyak lagi jenis pencahayaan yang lain. Tapi ketiga jenis di atas sudah bisa mewakili secara umum. Semoga bermanfaat