Sebuah Booth pameran harus dapat meng-implementasi-kan identitas atau branding suatu perusahaan. Itulah salah satu fungsi dan manfaat dibuatnya Booth. Dan tipe Booth itu sendiri sangat beragam, mulai dari tipe Booth berdasarkan ukuran, tampilan, posisi/tempat, bukaan dan lain sebagainya. Booth pameran didesain oleh seorang desainer atau kontraktor Booth, dimana mereka sudah paham betul dan berpengalaman mengenai hal-hal yang bersangkutan dengan Booth pameran.

Jika anda seorang owner perusahaan dan ingin mengembangkan bisnis anda dengan mengikuti pameran dan merencanakan desain booth, anda perlu berkonsultasi dengan desainer atau kontraktor booth. Selain itu, tidak ada salahnya jika anda mencari informasi dan belajar memahami tentang tipe-tipe Booth pameran. Dengan begitu, anda akan lebih mudah untuk menentukan Booth seperti apa yang anda inginkan dan yang sesuai dengan bisnis anda.

Di sini saya akan jelaskan bebeberapa tipe Booth berdasarkan Struktur bangunnya, atau berdasarkan material dan bahannya. Langsung saja simak penjelasan selanjutnya di bawah ini.

1. Booth tipe Partisi (bilik)
Booth yang paling standar yaitu booth partisi atau bilik. Booth ini juga dapat dikatakan sebagai booth default karena hampir di semua pameran umum atau massal pasti ada booth tipe partisi yang hanya terdiri dari bilik-bilik yang disediakan oleh pihak pameran. Biasanya hanya berukuran 2 x 2 meter, dengan bilik R8 dan digunakan untuk booth dengan aktifitas yang tidak terlalu padat. Booth ini bersifat knock-down dan dapat dibongkar pasang.
Sesuai dengan tampilannya yang sederhana, harga sewa booth partisi ini memang yang paling terjangkau. Tetapi anda jangan pandang sebelah mata. Jika anda dapat mengolah desain booth partisi ini, booth anda tidak akan kalah dengan desain booth yang lain. Mungkin anda perlu biaya tambahan untuk membuatnya terlihat lebih menarik dan interaktif.
TIPS:
Jika budget anda sedikit dan hanya mampu menyewa booth tipe partisi ini, sewalah booth partisi dengan bukaan dua atau dua sisi yang terbuka, karena akan lebih mudah menarik perhatian daripada yang hanya satu sisi terbuka.

2. Booth tipe Spesial Desain
Konsep booth ini juga paling banyak digunakan di setiap pameran karena sangat interaktif dan mengundang daya tarik pengunjung. Biasanya booth ini didesain sesuai dengan brand perusahaan atau sesuai dengan konsep pameran saat itu. Banyak keunggulan yang didapat dengan menggunakan booth tipe spesial desain karena tiap pameran bisa beda desainnya sehingga membuat penasaran pengunjung. Tetapi booth tipe ini juga bisa sangat boros apabila desainnya terlalu mahal dan harus diperbarui setiap ada pameran, karena booth tipe ini biasanya hanya sekali pasang dan tidak dapat digunakan kembali pada pameran selanjutnya.
TIPS:
Desainlah booth dengan konsep sederhana tapi menarik, tidak terlalu berlebihan.

3. Booth tipe Knock-Down Spesial (bongkar pasang)
Booth knock-down merupakan Booth yang dapat dibongkar dan dipasang ulang, artinya bisa digunakan kembali di kemudian hari. Booth tipe knock-down ini biasanya dimiliki oleh perusahaan besar yang sudah lama dan sering berkecimpung di dunia pameran. Biasanya perusahaan yang menggunakan booth tipe ini sudah memiliki desain booth yang paten. Penggunaan booth knock-down juga dapat menghemat biaya pengeluaran marketing perusahaan, karena booth ini hanya sekali buat. Untuk selanjutnya, booth dapat dipakai kembali.
Booth tipe knock-down biasanya digunakan untuk desain dasarannya saja, sehingga masih bisa ditambahkan beberapa aksesoris sesuai dengan konsep yang diinginkan, tetapi dasarannya sama.
Kelebihan lainnya adalah pengunjung dapat mengenali perusahaan tersebut dengan cepat, karena setiap ada pameran boothnya desainnya sama, mungkin hanya berbeda sedikit.

Dengan mengetahui beberapa tipe booth di atas, saya harap anda dapat membayangkan booth seperti apa yang anda inginkan dan anda dapat menentukan untuk menggunakan booth tipe partisi, spesial desain atau pun knock-down spesial. Terimakasih, semoga bermanfaat 